Mantan Bos OLX Dirikan Platform Periklanan bagi Mahasiswa


Founder: Daniel Tumiwa, Herlambang, Andreas Halomoan, Usa Achmad
Industri: periklanan
Status Pendanaan: bootstrap

  • ADSvokat merupakan platform penghubung brand dengan para pengiklan dari kalangan muda yang dinilai relevan dengan segmentasi produk dari brand yang ditawarkan.
  • ADSvokat dibangun untuk memberdayakan kembali medium pemasaran konvensional, sebagai alternatif aktivitas pemasaran digital di media sosial.
  • ADSvokat menggandeng mahasiswa sebagai brand ambassador. 
  • Imbalannya, mahasiswa akan mendapat reward berupa uang apabila mereka aktif terlibat dalam aktivitas kampanye brand yang mereka tawarkan.

button ulasan startup


Daniel Tumiwa mungkin bukanlah nama yang asing bagi pemerhati dunia digital dan e-commerce di Indonesia. Mantan CEO OLX yang juga menjadi salah satu anggota direksi Asosiasi E-Commerce Indonesia (iDEA) tersebut, kini juga merambah ke ranah platform periklanan dengan meresmikan peluncuran startup baru bernama ADSvokat.

Didirikan Daniel Tumiwa bersama ketiga rekan founder lainnya, ADSvokat merupakan platform penghubung brand dengan para pengiklan dari kalangan muda yang dinilai relevan dengan segmentasi produk dari brand yang ditawarkan.

ADSvokat dibangun untuk memberdayakan kembali medium pemasaran konvensional, sebagai alternatif aktivitas pemasaran digital di media sosial.

Menurut Daniel, medium pemasaran konvensional tetap tidak akan tergantikan oleh digital dan akan terus menjadi pilihan terbaik, terutama di saat perhatian orang tidak lagi terfokus untuk menatap layar (offscreen).

Daniel menilai, medium konvensional cenderung terkendala dari segi pengukuran efektivitasnya yang belum bisa ditakar secara pasti. Hal tersebut kemudian mendorongnya untuk mengintegrasikan pemasaran konvensional ke dalam digital dan nondigital, dengan memanfaatkan mahasiswa sebagai agen penggerak produk mereka.

Kami adalah wadah yang sebetulnya ingin menghidupkan kembali medium tradisional ini dan membuatnya terukur dengan memanfaatkan teknologi digital dan (mendekatkannya) dengan pengguna produk

Daniel Tumiwa, CEO ADSvokat

Gaet mahasiswa sebagai agen advokasi produk

Mahasiswa dinilai berpotensi untuk mewakili segmen konsumen dari kalangan muda, mengingat kemampuannya dalam mengadopsi hal baru dan juga keaktifan mereka dalam bersosial media.

Daniel melihatnya sebagai audiens yang menarik bagi pengelolaan platform beriklan ADSvokat. Dengan membidik mahasiswa sebagai brand ambassador, ADSvokat memberikan mereka reward berupa uang apabila mereka aktif terlibat dalam aktivitas kampanye brand yang mereka tawarkan.

ADSvokat didesain untuk mendorong setiap pihak berpartisipasi aktif dalam semua aktivitas yang ada di dalamnya

Andre Halomoan, Chief of Product ADSvokat

Berkendara menggunakan helm yang sudah dipasangi stiker menjadi salah satu kampanye beriklan yang harus diikuti mahasiswa (sumber foto: Markeeters)

Agar para mahasiswa tertarik, ADSvokat mengemas kampanye tiap mitra produk yang terlibat sebagai tantangan gamification dengan rewards yang disesuaikan atas performa masing-masing pengguna.

Ada berbagai macam aktivitas yang dapat diikuti oleh mereka, antara lain:

  • kampanye stiker kendaraan (stiker mobil ataupun helm motor)
  • pemakaian atribut berstiker (seperti stiker di laptop)
  • foto selfie
  • sharing media sosial,
  • acara offline dan beragam parameter kegiatan lainnya.

Ragam aktivitas tersebut, kemudian akan diukur lewat pemanfaatan teknologi seperti:

  •  geotagging untuk pengecekan lokasi
  • analisis data
  • pemantauan hasil gambar yang diunggah pengguna.

Meskipun produk startup periklanan yang pemanfaatan teknologi tracking sejenis sekarang sudah bermunculan, namun pihak ADSvokat menegaskan bahwa platform mereka memiliki perbedaan, terutama dari sisi segmen pengguna. Hal tersebut bisa dilihat dari persyaratan utama bagi peserta kampanye iklan ADSvokat. Untuk bisa berpartisipasi, peserta harus menyertakan nomor induk mahasiswa mereka, berikut foto diri mereka sambil memegang kartu mahasiswa.

ADSvokat

Di samping itu, ADSvokat juga menyediakan wadah agar mahasiswa yang tergabung dapat mengembangkan diri lewat kegiatan networking dan mempelajari trik pemasaran secara langsung dari sang pakar.

Tujuan utama kami adalah aggregating youth, dengan menyediakan sebuah medium (beriklan) yang juga dapat dimanfaatkan untuk proses pengembangan diri

Daniel Tumiwa,

Ditemui di peluncuran ADSvokat, Daniel mengaku pihaknya tahun ini menargetkan 40.000 mahasiswa terdaftar yang aktif menjadi pengguna mereka. Ia pun juga mengupayakan jumlah klien sebanyak 60 brand yang tergabung, masing-masing dengan segmentasi yang disesuaikan dengan demografis anak muda.

Di Indonesia sendiri, ADSvokat bukan satu-satunya platform beriklan yang menjembatani medium tradisional dengan pemanfaatan teknologi tracking dan pemanfaatan aplikasi mobile. Di samping mereka ada pula Stickearn, Stikar, Karta, dan lainnya. Meski berbeda segmentasi pengiklan, namun ketiganya tetap menawarkan konsep yang serupa.

ADSvokat
N/A 1,000 – 5,000
Gratis

(Diedit oleh Septa Mellina)

* Quote from https://id.techinasia.com